Wednesday 17 August 2016

Tutorial Konsep Pemrograman Menggunakan C#


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi untuk belajar bersama atau koding bareng mulai dari dasar pengenalan komponen dalam pemrograman, pada dasarnya pemrograman tidak ditentukan oleh bahasa pemrograman yang dipakai tetapi tergantung dari cara berpikir dan sudut pandang programmer sedangkan bahasa pemrograman hanyalah sebuah alat untuk membuat sebuah produk disesuaikan dengan kubutuhan arsitektur yang ada.

Jadi saran dari saya adalah jangan terikat oleh bahasa pemrograman jadi kita bisa bebas dan mudah untuk menyesuiakan kebutuhan sesuai dengan kubutuhan client atau produk yang akan kita buat. Programmer seharusnya tidak dikontrol oleh bahasa pemrograman tetapi programmer seharusnya yang mengrontrol dengan menggunakan konsep dan logika menggunakan bahasa pemrograman yang di sesuaikan dengan arsitektur yang akan dibuat #sokbanget!.

Kenapa saya pilih C# untuk pengenalan pemrograman? sebenarnya saya ingin mengenalkan menggunakan bahasa faforit saya yaitu Python tetapi karena beberapa hal yang ingin saya sampaikan seperti konsep pointer, delegate dan beberapa hal maka saya akan menggunakan C# toh yang penting kita bisa memahami semua konsep dengan baik dan benar. Setelah kita memahami konsep pemrograman baru kita bisa dengan mudah loncat - loncat ke bahasa pemrograman yang beragam jumlahnya don't stick to only one programming language.

Tutorial yang akan saya sampaikan adalah sebagai berikut #semogabermanfaat:

Basic
  1. Environment (Work Space/Tools yang harus disiapkan)
  2. Struktur Program
  3. Dasar Syntax
  4. Tipe Data
  5. Konversi Tipe Data
  6. Variable, Konstanta dan Operator
  7. Pengambilan Keputusan
  8. Loop/Pengulangan
  9. Encapsulation/Implementasi Hak Akses
  10. Methods
  11. Nullables
  12. Arrays
  13. Strings
  14. Structure
  15. Enums
  16. Classes
  17. Inheritance
  18. Polymorphism
  19. Operator Overloading
  20. Interface
  21. Namespaces
  22. Preprocessor Directives
  23. Regular Expression
  24. Exception Handling
  25. File I/O
Advanced
  1. Attributes
  2. Reflection
  3. Properties
  4. Indexers
  5. Delegates
  6. Events
  7. Collections
  8. Generics
  9. Anonymous Methods
  10. Unsafe Code
  11. Multithreading

No comments:

Post a Comment